Jumat, 08 April 2016

Mobile LEARNING



 Rabu 06 april 2016

A.Pengertian M- Learning
Media Pembelajaran yang dikembangkan untuk perangkat telepon genggam sering disebut dengan Mobile Learning (m-learning). Menurut Tamimuddin (2007).   Istilah   m-learning   mengacu   kepada   penggunaan   perangkat/divasi teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggan, laptop atau tablet PC, dalam pengajaran danpembelajaran. Sedangkan menurut John Traxler (2005) Mobile Learning dapat diartikanpenyedia perangkat palmTop. M-Learning merupakan bagian dari electronic learning (e-learning) sehingga, dengan sendirinya, juga merupakan bagian dari distance learning.
M-Learning merupakan pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi  pelajaran dimanapun dan kapanpun dia  mau.  Hal  ini  akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi pervasif, dan dapat mendorong motivasi pembelajaran kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong 2 learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, m-learing memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi secara adhoc dan berinteraksi secara informal diantara pembelajaran.
B.Empy Effendi (2005,9) memaparkan kelebihan-kelebihan m-learning jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, diantarnya yaitu:
  1. Biaya Rendah
  1. Fleksibilitas Waktu
  1. Fleksibilitas Tempat
  1. Fleksibilitas Kecepatan Pembelajaran
  1. Standarisasi Pengajaran
  1. Efektivitas Pengajaran
  1. Kecepatan Distribusi
C. Sedangkan kekuranya
Selain itu, saat ini masih sangat sedikit upaya pengembangan konten-konten pembelajaran berbasis divais bergerak yang dapat diakses secara luas. Kebanyakan konten yang beredar di pasaran masih didominasi konten hiburan yang memiliki aspek pendidikan yang kurang serta kebanyakan adalah hasil produksi dari luar negeri yang memiliki latar budaya yang berbeda dengan negera kita. Kenyataan ini memunculkan kebutuhan akan adanya pengembangan-pengembangan konten/aplikasi berbasis divais bergerak yang lebih banyak, beragam, murah dan mudah diakses.
D. Langkah Pembuatan Mobile Learning
1.      Langkah pertama Yaitu anda  bua mater pelajara dala bentuk  file  Ms PowerPoint. Pada contoh di bawah, unsur media yang terdapadalam materi pelajaran, yaitu: teks, animasi, audio, video, dagambar.
Kemudian langkah berikutnya anda Save As file dan tutup materi pelajaran tersebut. Sebelum kita mengkonvert file Powerpoint tersebut, pastikanlah ukuran huruf dari Powerpoin tersebut tidak kurang dari 40 pt. karena jika kurang dari 40 pt, maka hasilnya mungkin akan lebih kecil jika nantinya dibuka di handphone ataupun Smartphone. Pastikan juga PPT yang kita buat tersebut semenarik mungkin dan lengkap meliputi teks, gambar, animasi, audio, dan video. Jika PPT sudah siap atau sudah beres, tinggal buka program Wondershare PPT2DVD Pro untuk mengkonvert file PPT tersebut ke dalam jenis Handphone atau Smartphone yang sesuai keinginan kita. Selain itu dalam program tersebut telah disediakan format file lain seperti MP4, 3gp, berbagai merk handphone (Nokia/Blackberry/I-Phone/Motorola), dan lain sebagainya. Setelah kita memilih mau dikonvert ke file yang mana, tinggal mengklik tombol “Next”. Kemudian tunggu beberapa menit. Lama waktu yang dibutuhkan sesuai dengan banyaknya materi bahan ajar yang kita buat, dan panjangnya audio dan video yang kita masukan ke dalamnya.
2. Langkah  Mengkonversi  materi  pelajara (Ms  PowerPoint)  menjadi  format video, sebagai berikut:
          A.Klik dua kali icon Wondershare PPT2DVD di layar desktop, selanjutnyaakan keluar tampilan seperti berikut:

         b. Selanjutny klik  Create  Vide Files,  sehingga  aka tampil  gambar seperti di bawah ini. Kemudian klik +Add untuk meng import file MsPower Point materi pelajaran yang telah disimpan di komputer.








           







C. Proses meng-import file Ms Power Point tampilan akan menjadi seperti ini:






d.   Proses imporfile selesai seperti berikut:



            e.  Selanjutny klik  Next,  maka tampilan berubah menjadi seperti ini :


                          

          f.   Setelah klik Next, tampilaakaberubah. Selanjutnya, Klik     Staruntuk memulai     konversi.





g.   Setelah diklik Start, tampilaakan berubah menjadi:






h.  Tungg hingg prose konversi  selesai,  apabila  tela selesai,  hasil  dari konversi dapat dilihat pada selanjutnya, hasil konversi tersebut ditransfer melalui kabel data ke HP atau copykan ke memory card menggunakan card reader.


semoga berhasil…





0 komentar