Minggu, 17 April 2016

Kesan Dan selama Perkuliahan



 Senin 17-04-2016

Kesan dan Pesan Dalam Perkuliahan Teknologi Informasi

Syukur Alhamdulillah penulis ungkapkan bahwa perkuliahan untuk semester II telah selesai meskipun masih ada beberapa tugas yang masih harus diselesaikan dalam waktu dekat ini –di hari-hari terakhir bulan April –dari beberapa mata kuliah di program pascasarjana STKIP Garut. Selama masa perkuliahan di semester II ini penulis merasa bahwa penulis banyak mendapat pengetahuan tentang teknologi pembelajaran khususnya pada mata kuliah Teknologi Informasi yang diampu oleh Dr. Hudiana Hernawan, MS.
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Belajar akan lebih menyenangkan dengan pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif dan mudah dicerna serta peserta didik dapat menggunakan peralatan yang dimilikinya seperti laptop, smartphone atau semisalnya sebagai media yang menjadi sumber belajar.
Namun demikian, walaupun komputer memiliki potensi yang sangat besar, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar untuk peserta didik, pada kenyataannya pemanfaatan komputer –dan teknologi informasi –masih jarang dilakukan baik oleh guru maupun oleh peserta didik. hal ini disebabkan pemakaian komputer khususnya pada lembaga-lembaga formal memiliki beberapa permasalahan diantaranya: (1) budaya belajar peserta didik yang masih rendah; (2) kemampuan dan kemauan membaca yang lemah; (3) masih banyaknya guru yang berpandangan mengajar sebatas menyampaikan materi pelajaran; (4) masih banyaknya guru kurang memahami penggunaan komputer; dan (5) banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer dengan lengkap.
Dari pemaparan yang telah disebutkan, penulis merasa bahwa untuk dapat mewujudkan peran guru dalam memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran, guru dituntut untuk mampu meningkatkan diri menjadi guru profesional yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi yang lebih efektif, efisien dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik dalam pemahaman dan pengetahuan yang dapat meningkatkan hasil belajar.
Perkuliah teknologi pembelajaran yang diampu oleh Dr. Hudiana Hernawan, MS, telah menjawab masalah-masalah yang telah dipaparkan sebelumnya. Dosen mata kuliah tersebut telah memberikan banyak materi yang menyangkut tentang aplikasi-aplikasi untuk pembelajaran, misalnya MMI (Multimedia Interaktif), Mobile Learning, e-Leraning, dan Digital Book yang memiliki software beraneka ragam. Dengan demikian, penulis menyadari tentang media/aplikasi apa yang seharusnya dipakai dalam pembelajaran yang cocok, efektif dan efisien.
Selama masa perkuliahan, penulis merasa tertantang dengan adanya beberapa tugas yang salah satunya adalah pembuatan blog. Ini sangat penting mengingat saat ini kebanyakan orang mencurahkan ide/gagasan mereka lewat blog untuk dibaca khalayak umum. Dan penulis pun dituntut untuk harus membuat/menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, tidak asal-asalan karena akan dibaca oleh orang lain. Dan, Alhamdulillah, penulis merasa ada peningkatan dari tugas posting pertama sampai tugas posting terakhir.
penulis Berharap sekali kepada Dosen mata kulliah Teknologi dan Informasi –Dr. Hudiana Hernawan, MS –untuk tetap memberikan tugas pembuatan blog dan postingan-nya karena sangat bermanfaat baik untuk pembuatnya maupun “para pencari ilmu di internet.” Pada saat perkuliahan berlangsung, penulis merasa bahwa Bapak menyampaikan materi agak cepat sehingga teman-teman penulis agak kesulitan untuk mengikuti perkuliahan Bapak. Namun, ada juga beberapa teman yang bisa mengikuti materi pada saat itu. Maksud penulis adalah bagaimana cara Bapak menyampaikan materi dengan beragam kemampuan mahasiswa di dalam kelas. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih karena telah banyak ilmu yang penulis peroleh tapi penulis merasa belum cukup mendapatkan ilmu dari Bapak. Penulis berharap Bapak masih memberikan kuliah di semester berikutnya.
Penulis ucapkan terima kasih banyak atas ilmu yang diberikan oleh babapk,penulis menyadarai dikala waktu perkuliahan mungkin ada kata-kata yang salah yang tidak disengaja mohon ma’af atas segala ke khilapan dan kealffan,hanya allah yang dapat membalas atas ilmu yang bapak berikan selama perkuliahan,mudahan bapak dibei umur yang panjang dan kesehatan selalu ada lindunagn allah SWT.

0 komentar